Forum: Bersikaplah manusiawi, profesional saat mengurangi staf

Pengurangan staf adalah salah satu tugas paling menantang yang harus dilakukan manajer (Perusahaan yang memberhentikan staf harus mempertahankan inti S’porean: NTUC, 25 Juli).

Sebanyak perusahaan memiliki hak prerogatif untuk membuat keputusan penghematan, mereka juga memiliki kewajiban moral untuk melakukan penghematan secara profesional dan manusiawi.

Beberapa praktik terbaik termasuk sesuai dengan rasa hormat kepada pekerja yang terkena dampak. Menerima berita bahwa layanan mereka tidak lagi diperlukan adalah momen emosional, dan itu dapat menyebabkan penerima mengalami perjalanan roller-coaster emosional.

Rapat paling baik dilakukan secara individual di ruang pribadi untuk memberikan privasi kepada penerima untuk memproses berita.

Bila memungkinkan, jangka waktu yang wajar harus diberikan untuk memungkinkan pekerja mengemasi barang-barang pribadi mereka dan mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja mereka.

Kecuali ancaman keamanan sudah dekat, pekerja tidak boleh dikawal keluar dari kantor seolah-olah mereka tidak layak dipercaya. Tindakan ini dapat memiliki lebih banyak dampak (pada harga diri seseorang) daripada kehilangan pekerjaan.

Poin penting lain yang sering diabaikan adalah penggunaan bahasa yang tepat. Untuk memberitahu seorang pekerja bahwa dia telah dibuat berlebihan tidak sama dengan mengatakan pekerjaannya tidak ada lagi.

Memisahkan petahana dari pekerjaan dapat membuat perbedaan dalam bagaimana berita diterima. Pada kenyataannya, pekerja perlu memahami bahwa selain kehilangan pekerjaannya, tidak ada lagi yang hilang, dan dia dapat membawa pengalaman dan keterampilannya ke majikan lain.

Aturan emas untuk sumber daya manusia adalah menyarankan manajemen untuk melakukan semua yang masuk akal untuk melindungi martabat pekerja yang dipecat. Semua orang di perusahaan akan menonton, dan harinya akan tiba ketika harus menyewa lagi.

Saya yakin perusahaan mana pun ingin dikenal sebagai perusahaan yang menghormati individu, bahkan pada titik pemisahan layanan.

Paul Heng Hiang Teck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *